Yuk !! Ikut Diklat Online Gratis | BLOG GURU SMP

Yuk !! Ikut Diklat Online Gratis


guruahmadfauzi.com
- Salam guru profesional, berjumpa kembali dengan website seputar dunia pendidikan yang berisi informasi kependidikan Serta mengupas tuntas tentang kiprah guru sebagai pendidik, penulis dan pengusaha (guru 3 in 1) yang dikemas dengan bahasa yang sederhana untuk memberikan kontribusi memajukan pendidikan di Indonesia. Amiin.

Pada kesempatan yang berbahagia iniguruahmadfauzi.coma kan berbagi bagaimana mengikuti Diklat online gratis bagi guru indonesia. Informasi ini kami himpun dari berbagai sumber serta didukung pengalaman penulis dalam mengikuti Diklat online secara gratis. Dibaca ya !

Mengikuti Diklat online memang menjadi tren di masa pandemi covid 19. Bagaimana tidak, larangan berkumpul dalam jumlah besar menjadi alasan Diklat offline tidak bisa dilaksakan. Berbagai Diklat ditawarkan, workshop, webinar dan kegiatan serupa menjadi makanan sehari-hari penggila Diklat. Ada yang gratis tapi ada juga yang berbayar.

Mengikuti Diklat online haruslah punya target dan pemilihan Diklat yang sesuai dengan kompetensi kita. Jangan hanya sekedar ikut-ikutan. atau hanya sekedar mengerjar target e-sertifikat yang biasanya diberikan setelah diklat selesai dilaksanakan. Kalau guru Indonesia pasti tidak ya....yang dikejar ilmunya untuk diimplementasikan dalam pembelajaran nantinya. Amin
Banyak sekali lembaga pendidikan atau lembaga profesi bahkan perguruan tinggi yang menawarkan pelatihan atau webinar dimasa pandemi corona sekarang. Gratis atau berbayar bergantung lembaganya.. kita sebagai peserta harus tahu dan jeli memilih diklat, workshop atau pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dalam pembelajaran. Berikut beberapa contoh diklat online dan penyelenggaranya di masa pendemi corona yang berhasil dihimpun dan diikuti oleh penulis :

SAGUSANOV (sagu guru satu inovasi)

agusanov (Sagu Guru Satu Inovasi) merupakan salah satu kanal pelatihan dibawah nauangan Ikatan Guru Indonesia. Foundernya adalah Bapak Abdul Kholiq sekaligus salah satu pengurus pusat Ikatan Guru Indonesia. Sagusanov sudah banyak melahirkan guru-guru kreatif dalam menciptakan atau membuat aplikasi pembelajaran. Berikut materi yang bisa bapak/ibu unduh pada diklat sagusanov dan cara mendaftar diklat Sagusanov.


KUMPULAN MATERI WORKSHOP SAGUSANOV

  1. SITES
    Https://sites.google.com/view/sitessagusanov/beranda
  2. PPT
    https://sites.google.com/view/sagusanov-ppt/beranda
  3. SHEET
    Https://sites.google.com/view/sagusanovsheet/beranda
  4. DOCS
    https://sites.google.com/view/sagusanovdoc/beranda
  5. AR
    https://sites.google.com/view/implementasi-ar/beranda
  6. VIDEO LIP SYNC
    https://sites.google.com/view/videopembelajaranlipsync/beranda
  7. KINEMASTER
    https://sites.google.com/view/sagusanov-kinemaster/beranda
  8. CODING
    Https://t.me/sagusanovchannel/48
  9. APP INVENTOR
    https://sites.google.com/view/sagusanov-app-inventor/beranda
Cara daftar Pelatihan SAGUSANOV sebagai berikut :
  1. Silahkan membuka https://gurupembelajar.igi.or.id
  2. Masukkan Email dan Password akun IGI anda. Bagi yang belum memiliki silahkan mendaftar menjadi anggota. Bagi peserta Non IGI dapat mengikuti workshop berbayar.
  3. Cari Pelatihan SAGUSANOV yang ingin diikuti.
  4. Buka menu kegiatan untuk masuk kelas, silahkan klik AKSI pada bagian kanan. Dan klik Link Masuk Kelas.
  5. Bagi yang Lulus Sertifikat Sagusanov dapat diunduh langsung di aplikasi gurupembelajar IGI. Untuk itu semua peserta harus mendaftar di aplikasi gurupembelajar IGI.
SAGUSABLOG (Satu Guru Satu Blog)

Zaman sekarang siapa yang tak kenal Blog. Sebuah media tempat kita curhat, menumpahkan segala hal yang bersifat pribadipun bisa dilakukan dengan menulisnya di blog. Blog seakan menjadi kebutuhan bukan lagi sekedar pelarian dalam mengisi kejenuan aktifitas rutin sehari-hari.

Bila anda seorag guru, maka pembelajaran bisa dilakukan dengan pemanfaatan media blog. Salah satu software yang paling banyak dipakai salah satunya adalah Blogger. Tapi bila anda kesulitan bagaimana mengelola blog anda dengan blogger maka anda bisa mengikuti diklat "Satu Guru Satu Blog". Satu Guru Satu Blog yang lebih dikenal dengan SAGUSABLOG merupakan kanal pelatihan di bawah naungan Ikatan Guru Indonesia. Banyak guru yang telah mengambil manfaat dari pelatihan Satu Guru Satu Blog. Disamping gratis pelatihan ini juga memberikan sertifikat tanda kelulusan dalam setiap level. Anda mau segera gabung dengan SAGUSABLOG, pasti tidak akan rugi, Percaya dech ! Lagu bagaimana mengikuti diklat sagusablog ? ikuti langkah-langkah berikut :
  1. Silahkan membuka https://gurupembelajar.igi.or.id
  2. Masukkan Email dan Password akun IGI anda. Bagi yang belum memiliki silahkan mendaftar menjadi anggota. Bagi peserta Non IGI dapat mengikuti workshop berbayar.
  3. Cari Pelatihan SAGUSABLOG yang ingin diikuti.
  4. Buka menu kegiatan untuk masuk kelas, silahkan klik AKSI pada bagian kanan. Dan klik Link Masuk Kelas.
  5. Bagi yang Lulus Sertifikat Sagusanov dapat diunduh langsung di aplikasi gurupembelajar IGI. Untuk itu semua peserta harus mendaftar di aplikasi gurupembelajar IGI.
Untuk mempermudah dalam mengikuti diklat sagusablog, disampaikan materi sagusablog sebagai berikut :

MATERI SAGUSABLOG DASAR (34 jam):
  1. Membuat blog dengan blogger
  2. Mengganti dan mendesain template bawaan blogger
  3. Mendesain Header blog
  4. Mengelola dan Menghias Blog
  5. Membuat dan Mengelola Menu Blog
  6. Membuat dan mengelola soal online di google drive
    Jumlah jam dalam sertifikat:
MATERI SAGUSABLOG LANJUTAN (36 Jam):
  1. Membuat blog guru dengan engine blogger
  2. Mengganti template blog guru dengan template dari pihak ketiga
  3. Mendesain header blog guru dengan Adobe Photoshop
  4. Mengelola dan menghias blog guru
  5. Membuat soal online di Google Drive
  6. Custom Domain dengan domain premium / domain gratis
  7. Monetize Blog
  8. SEO (Search Engine Optimization)
Untuk diklat online gratis lainnya, tunggu update berikutnya ya...tapi kalau ingin cari sendiri bisa klik tautan berikut https://gurupembelajar.igi.or.id/.


0 Comments

Iklan