Mendidik bukan sekedar mengajar | BLOG GURU SMP

Mendidik bukan sekedar mengajar


guruahmadfauzi.com - Salam guru profesional, berjumpa kembali dengan website seputar dunia pendidikan yang berisi informasi kependidikan Serta mengupas tuntas tentang kiprah guru sebagai pendidik, penulis dan pengusaha (guru 3 in 1) yang dikemas dengan bahasa yang sederhana untuk memberikan kontribusi memajukan pendidikan di Indonesia. Aamiin.

Kali ini, guruahmadfauzi.com akan berbagi artikel dengan judul "Mendidik bukan sekedar mengajar". Banyak guru atau pendidik yang mempunyai persepsi yang salah tentang mendidik. Kadang hanya transfer ilmu saja. Mau tahu lebih jauh tentang mendidik baca artikel ini. Selamat membaca ya !

Secara tekstual makna mendidik dan mengajar hampir sama. Namun dari segi makna sangat berbeda. Mengajar hanya sekedar transfer knowledge.saja. ya hanya memberikan ilmu kepada peserta pembelajaran. Tujuan pembelajaran hanya sekedar kogonitif. Siswa hanya dituntut untuk menguasai apa yang diajarkan.

Mendidik sangat luas cakupannya berkaitan hubungan pendidik dan peserta didik. Disamping terjadi transfer knowledge juga ada hubungan batin yang sangat kuat. Guru tidak sekedar mengajar ilmu dan peserta didik menguasai apa yang diajarkan namun ada tanggung jawab moral untuk membentuk karakter yang lebih baik. Disamping memiliki keilmuan siswa dibentuk untuk mengerti akan makna hidup melalui keteladanan dan nasehat dari pendidik.

Mendidik membentuk manusia agar memiliki karakter dan kelimuan. Keduanya harus diberikan bersamaan. Nilai-nilai kemanusian didapat dari proses pendidikan sedangkan penguasaan keilmuan diperoleh dari proses pembelajaran.

Kesimpulannya mendidik melibatkan unsur dan sifat kemanusiaan dalam belajar. Kemanusian dalam arti memadukan unsur hati dan jiwa dalam melakukan pembelajaran. Mengajar dalam mendidik bukan sepenuhnya tapi hanya unsur yang bukan mayoritas. Perubahan mindset dalam berfikir manusia berubah bukan karena pengajaran tapi oleh pendidikan. Semoga kita bukan sekedar pengajar tapi pendidik yang mampu menghadirkan rasa kemanusian dalam mendidik dan mengajar. Amin.

0 Comments

Iklan